Dinas Perhubungan Kabupaten Grobogan

Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meminta industri televisi berimbang antara bisnis dan hubungan masyarakat. Secara khusus, ia meminta industri televisi menanamkan konten-konten yang sifat mendidik dan bermanfaat serta menumbuhkan rasa nasionalisme yang lebih baik.
“Betul, televisi itu suatu industri, artinya dia harus berbisnis, harus ada iklan. Tapi harus berimbanglah, khususnya untuk menanamkan konten-konten yang bermanfaat, dan memberikan nilai tambah kepada masyarakat,” kata Rudiantara pada acara Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) 10 stasiun televisi berjaringan di Balai Agung Pemprov DKI, Jakarta, Selasa (10/5/2016).


Menurut Menteri Rudiantara, EDP tersebut dilaksanakan berkaitan dengan perpanjangan izin penyelenggaraan penyiaran (IPP) 10 TV swasta Berjaringan telah melewati mekanisme vertifikasi administrasi, verifikasi sosiologi, dan verifikasi faktual.
Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Judhariksawan mengatakan dalam proses EDP ini, KPI akan memberikan penilaian terhadap aspek program siaran yang direncanakan pengelola televisi dalam proposalnya. Pihaknya juga akan mengikut sertakan tokoh-tokoh untuk terlibat dalam memberikan penilaian. 
"Setelah EDP, selanjutnya KPI akan melakukan rapat pleno, khusus guna memutuskan pemberian rekomendasi kelayakan (RK). KPI berharap proses perpanjangan IPP oleh 10 TV swasta berjaringan ini dapat menjadi momentum perbaikan kualitas penyiaran," terang Judhariksawan.
Judha mengingatkan, pengelola televisi harus senantiasa sadar, penyelenggaraan penyiaran bertujuan untuk memperkukuh integrasi nasional, terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertakwa, mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dalam rangka membangun mayarakat yang mandiri, demokratis, adil dan sejahtera, serta menumbuhkan industri penyiaran Indonesia.
Sepuluh stasiun televisi berjaringan yang tengah mengikuti EDP bersama KPI antara lain ANTV, Global TV, Indosiar, Metro TV, MNC TV, Trans TV, RCTI, SCTV, TV One, dan Trans 7. (YDR)