Dinas Perhubungan Kabupaten Grobogan

suaramerdeka.com/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com – PT KAI akan mendukung sistem transportasi antar daerah di Kedungsepur dengan sarana KA Commuter, mengingat di berbagai wilayah lain di Pulau Jawa sudah dilakukan. Misalnya di Jabodetabek, Gerbang Kertasusila (Jatim) dan Bandungraya (Jabar).“Semarang dan daerah sekitarnya kami sedang berkonsenrasi untuk mendukung jalur Kedungsepur untuk wilayah Semarang dan daerah sekitarnya dengan KA Commuter dengan tarif murah dan cepat,” tekad Agus Dwinanto Budiadji dari PT KAI Daop IV Semarang.

Berbicara pada acara Workshop Rencana Kerjasama Antar Daerah Bidang Sistem Transportasi se-Kedungsepur di Hotel Pandanaran Rabu (7/9), Agus mengatakan, selama ini jalur kota-kota di Kedungsepur sudah dilayani oleh KA Kedungsepur sejak pertamakali dijalankan pada 28 September 2014.

“Pada tahun 2015 volume KA ini mengalami peningkatan penumpang 12.788 orang penumpang. Dan kondisi ini terus meningkat sampai September 2016 ini,” kata Agus Dwinanto.

KA Commuter ini memiliki karakteristik, yakni merupakan KA jarak dekat dengan jarak tempuh sampai 150 km. Menghubungkan beberapa stasiun di wilayah terlintas dan sifatnya ulang alik. Juga mampu melayani kebutuhan angkutan penumpang dari daerah sub urban menuju ke pusat-pusat kota dan sebaliknya.