Dinas Perhubungan Kabupaten Grobogan

Upacara HUT ke-20 Otonomi Daerah di halaman Kantor Kecamatan Gubug dipimpin Bupati Grobogan Sri Sumarni. (KORAN MURIA / DANI AGUS)

Grobogan – Upacara Dalam Rangka HUT ke- 20 Otonomi Daerah di Kecamatan Gubug, Para kepala dinas maupun kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya, di Kabupaten Grobogan, diminta tak hanya berpikir dan standar. Mereka harus berani berinovasi dalam kebijakan, sehingga Grobogan tak akan terpuruk dalam Pasar Bebas ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Bupati Grobogan Sri Sumarni dalam upacara HUT ke-20 Otonomi Daerah di halaman Kantor Kecamatan Gubug, Senin (25/4/2016) mengatakan, Grobogan harus punya daya saing yang kuat. Dan hal ini dibutuhkan peran yang nyata dari pemerintah. Kehadiran MEA bertujuan untuk meningkatkan daya saing dalam berbagai bidang. Untuk itu kehadiran MEA ini jangan dianggap sebagai hal yang menakutkan. Tetapi, justru dijadikan tonggak untuk lebih meningkatkan kinerja,” katanya.

Sri menegaskan, untuk bisa bersaing dengan negara lain, berbagai upaya perbaikan harus dilakukan dalam beberapa hal. Antara lain, meningkatkan kualitas pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, peningkatan daya saing daerah dan pengembangan demokrasi lokal.“Dengan pemantapan otonomi daerah ini, kita tidak akan kalah bersaing dengan negara-negara di lingkungan ASEAN,” tegas mantan Ketua DPRD Grobogan itu.

Dalam menghadapi MEA ini, pemerintah daerah juga harus menata elemen otonomi daerah, secara keseluruhan. Hal itu dilakukan agar pemda tidak menjadi penonton dalam persaingan bebas tersebut.Menurutnya, dari data yang ada, pengajuan izin usaha di Indonesia saat ini rata-rata masih membutuhkan waktu 52,5 hari. Sementara proses izin ini di Vietnam hanya 34 hari, Thailand 27,5 hari, Timor Leste 10 hari, Malaysia 5,5 hari, dan Singapura 2,5 hari.“Kenyataan ini harus bisa diubah agar dapat bersaing dalam pasar bebas. Salah satunya dengan menyederhanakan aturan dan mempercepat pelayanan,” jelasnya.

Hari ini 6

Kemarin 15

Minggu ini 6

Bulan ini 445

Keseluruhan 31087

Currently are 8 guests and no members online