Dinas Perhubungan Kabupaten Grobogan

bus e

Grobogan  -Tindakan tegas dilakukan petugas gabungan saat menggelar pengecekan kondisi angkutan umum di Terminal Induk Purwodadi, Sabtu (25/6/2016). Dalam kegiatan itu ada satu bus, yakni PO Garuda Mas yang diberi sanksi berat yaitu tidak boleh melakukan operasi.

Tidak hanya itu, bus jurusan Purwodadi-Jakarta tersebut juga dibawa ke Mapolres Grobogan untuk diamankan. Tindakan tegas ini dilakukan lantaran bus tersebut ternyata tidak memiliki izin trayek.Akibat sanksi ini, puluhan penumpang yang sudah ada di dalam bus tersebut akhirnya diturunkan dan dialihkan pada armada lainnya.

“Tindakan tegas berupa penghentian operasi ini kita lakukan karena satu armada ini kedapatan melakukan pelanggaran berat. Yakni, tidak memiliki izin trayek. Satu bus yang tidak berizin ini sudah diamankan di Mapolres Grobogan. Kegiatan ini kita lakukan bekerjasama dengan pihak Polres Grobogan,” Susanto Adi Wibowo, pegawai Dishubkominfo Grobogan yang juga menjabat sebagai Pejabat Penyidik PNS (PPNS), usai menggelar kegiatan di terminal induk.

Menurut Susanto, selain pelanggaran berat, kendaraan umum yang tidak memiliki izin trayek juga cukup membahayakan dan merugikan penumpang. Sebab, jika kendaraan ini mengalami kecelakaan di jalan maka penumpangnya tidak bisa mendapatkan santunan jasa raharja.

Selain satu bus yang ‘dikandangkan’, ada tiga kendaraan umum lainnya yang dikenakan sanksi tilang. Hal itu dilakukan lantaran kendaraan ini dinilai hanya melakukan pelanggaran kategori ringan.Seperti, kelengkapan penunjang didalam kendaraan tidak lengkap. Kemudian, ada penyimpangan rute dan masa berlaku kartu pengawasan habis.

Hari ini 1

Kemarin 14

Minggu ini 44

Bulan ini 390

Keseluruhan 31556

Currently are 26 guests and no members online