Print
Category: Perhubungan
Hits: 2089

Undang - undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan telah diterbitkan dan wajib dipatuhi serta dilaksanakan oleh seluruh warga negara Republik Indonesia khususnya pengemudi kendaraan bermotor. Berikut ini adalah hal - hal yang perlu diperhatikan oleh pengendara kendaraan bermotor (Roda 2 atau lebih) berdasarkan Undang - undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan :

    1. Sabuk keselamatan;
    2. Ban cadangan;
    3. Segitiga pengaman;
    4. Dongkrak;
    5. Pembuka roda;
    6. Helm dan rompi pemantul cahaya bagi Pengemudi Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih yang tidak memiliki rumah-rumah; dan
    7. Peralatan pertolongan pertama pada Kecelakaan Lalu Lintas.
    1. Pasal 106 ayat (6) Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di Jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan.
    2. Pasal 106 ayat (7) Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih yang tidak dilengkapi dengan rumah-rumah di Jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan dan mengenakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia.
    3. Pasal 106 ayat (8) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor dan Penumpang Sepeda Motor wajib mengenakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia.
    4. Pasal 106 Ayat (9) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor tanpa kereta samping dilarang membawa Penumpang lebih dari 1 (satu) orang.