Dinas Perhubungan Kabupaten Grobogan

Setiap pembangunan kawasan akan menimbulkan dampak bagi lingkungan dan sekitarnya, termasuk terhadap lalu lintas jalan. Namun pembangunan dan pengembangan kawasan di perkotaan yang dilakukan selama ini masih kurang memperhatikan dampaknya terhadap lalu lintas jalan, sehingga mengakibatkan penurunan tingkat pelayanan jalan yang cukup signifikan.

Maka dari itu dengan adanya rencana pengembangan Toko Modern “Luwes” di ruas jalan R Suprapto No. 93 B, Purwodadi, Kabupaten Grobogan diperkirakan dapat menambah bangkitan dan tarikan lalu lintas di kawasan tersebut yang berpengaruh terhadap kinerja Jalan terdapat di sekitar lokasi tersebut. Oleh karena itu untuk menghitung besaran dampak rencana pengembangan terhadap jalan yang ada perlu dilakukan analisis dampak lalu lintas, sehingga jika diperkirakan timbul dampak lalu lintas maka dampak tersebut diharapkan dapat diminimalkan dengan memberikan solusi yang tepat.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas pihak konsultan merumuskan masalah yang akan ditimbulkan akibat adanya rencana pengembangan adalah meningkatnya lalu lintas yang dibangkitkan sehingga diperkirakan dapat mengakibatkan penurunan tingkat pelayanan persimpangan, ruas jalan, parkir, fasilitas angkutan umum, serta fasilitas pejalan kaki di sekitar lokasi tersebut.

  1. Rencana kegiatan dan/atau usaha yang direncanakan lebih besar atau sama dengan dari ukuran minimal pembangunan kawasan yang ditetapkan.
  2. Pengembangan kawasan tersebut diperkirakan akan membangkitkan perjalanan yang akan mempengaruhi kinerja simpang dan ruas yang terdampak dari pengembangan tersebut
  3. Terdapat beberapa rencana pengembangan kawasan yang mengakses ke ruas jalan yang saat ini sudah memiliki nilai derajat kejenuhan lebih dari atau sama dengan 0,75 dan/atau jika persimpangan jalan terdekat dengan lokasi pembangunan kawasan sudah memiliki nilai derajat kejenuhan lebih dari atau sama dengan 0,75.

 

Loading...

Hari ini 21

Kemarin 36

Minggu ini 93

Bulan ini 343

Keseluruhan 35958

Currently are one guest and no members online