Print
Category: Perhubungan
Hits: 535

siap-lebaran-1Menghadapi arus mudik lebaran, Dishubinfokom Kabupaten Grobogan menyiapkan ratusan awak bus. Diantaranya 66 armada bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) dan 135 armada bus Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP). ”Tahun ini jumlah armada yang kami siapkan ada 201 armada bus AKAP dan AKDP,” kata Kepala UPTD Terminal Induk Purwodadi, Suparna, kemarin.

Menurutnya jumlah armada yang disiapkan sudah mencukupi untuk arus mudik. Armada AKAP yang masuk di terminal induk Purwodadi melayani jurusan Purwodadi-Jakarta, Purwodadi-Bandung, Purwodadi-Suarabaya dan Purwodadi-Bali. Sedangkan untuk AKPD melayani rute Purwodadi-Solo, Purwodadi-Kudus, Purwodadi-Pati dan Purwodadi-Blora dan Purwodadi-Semarang.

Diperkirakan arus mudik akan mulai ramai mulai H-10 nanti. ”Prediksi arus mudik nanti mengalami peningkatan 5 hingga 10 persen. Dan diperkirakan mulai ramai arus balik H+2 sampai H+10 nanti,” terang dia. Selain untuk AKAP dan AKDP, Dishubinfokom juga menyediakan 32 angkutan desa, 160 angkutan kota. Untuk angkutan Desa diantaranya melayani jurusan Purwodadi, Grobogan,Toroh, Sedadi, Nambuhan, Godong, dan Kenteng.

”Untuk persiapan angkutan Lebaran, sebelumnya kami telah melakukan pemeriksaan internal di terminal tentang kelayakan bus H-3 Ramadan. Tetapi, nantinya juga akan ada pemeriksaan kembali dengan melibatkan Polres Grobogan untuk awak bus dan sopir akan dilaksanakan kembal pada H-10 sebelum lebaran,” ujarnya. (roj)