Print
Category: Perhubungan
Hits: 518
Ilustrasi Foto: metrosemarang.com/dok
Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok
METROSEMARANG.COM – Pemprov Jawa Tengah tahun ini menyediaan 178 armada bus berbagai jenis untuk mengakomodasi perjalanan pulang kampung bagi para pemudik pada Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah.Kepala Biro Humas Jateng Sinoeng N Rachmadi mengatakan penyediaan bus sebanyak itu akan bekerjasama dengan 35 daerah di Jawa Tengah. Sinoeng menyatakan dari jumlah bus sebanyak itu, sekitar 47 unit di antaranya disediakan oleh Pemprov Jateng, sedangkan kabupaten/kota lainnya menyediakan 81 unit.

Bank Jateng, menurutnya, juga ikut berkontribusi menyiapkan 50 bus bagi pemudik lebaran tahun ini. Tiap bus mampu mengangkut 50 penumpang. Jadi total kapasitas keseluruhannya mencapai 10.700 orang. “Itu jumlah minimal dan bisa bertambah sewaktu-waktu,” ungkapnya, Sabtu (16/4).

Sinoeng menambahkan, perusahaan-perusahaan lokal nantinya juga ikut berpartisipasi menyediakan bus seperti Sido Muncul dan pabrik besar lainnya. Tapi, kata dia, jumlahnya, fluktuatif karena mengacu pada jumlah pendaftar mudik gratis.

“Peserta mudik gratis tahun ini akan diberangkatkan dari TMII Jakarta per 30 Juni 2016, pukul 10.00 WIB,” jelasnya.

Untuk penyediaan kereta api, ia menyatakan terdapat kereta Menoreh Pagi yang melayani pemberangkatan pemudik dari Stasiun Pasar Senen Jakarta tepat pukul 07.15. WIB, lalu kereta Jaka TIngkir pukul 12.30 WIB. Setiap kereta membawa enam gerbong dengan daya angkut maksinal 1.800 orang.

Saat ini, Pemprov Jateng tengah bersiap membuka pendaftaran mudik gratis. Di Jakarta, mudik gratis dibuka mulai 7 Juni 2016 pukul 08.00 WIB di Kantor Perwakilan Pemprov Jateng Jalan Prapanca II Nomor 11 Jakarta Selatan.

Sementara itu, jadwal pendaftaran peserta mudik gratis menggunakan kereta api dibuka mulai 2-13 Mei 2016. Calon peserta mudik harus mendaftar secara langsung dan tidak boleh diwakilkan. Hal ini untuk memastikan identitas serta jurusan yang diambil.

“Ini gratis tanpa pungutan apapun. Kalau ada yang menariki pungli bisa langsung melapor ke kita,” tegasnya.

Agenda mudik gratis saat lebaran merupakan kegiatan tahunan yang selalu dilakukan Pemprov Jateng. Hal ini mengingat jumlah kaum boro di luar kota terbilang sangat banyak. “Untuk mudik gratis pakai kereta api dua kali,” terangnya.

Ia pun meminta kepada warganya agar menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah. Sehingga memudahkan mereka untuk mudik dan di sisi lain mengurangi kepadatan jalan raya