Dinas Perhubungan Kabupaten Grobogan

Grobogan, Penerapan jalan satu arah di tiga ruas telah diresmikan forum lalulintas, kemarin. Selama satu bulan kedepan, ruas jalan satu arah itu akan disosialisasikan pada masyarakat. Setelah satu bulan baru diterapkan penindakannya. Kepala Dishubinfokom Agung Sutanto mengatakan tiga ruas tersebut adalah seputar alun-alun Purwodadi (Jalan Bhayangkara, KS Tumbun, Gatot Subroto dan Sudirman), Jalan RA. Kartini, dan Jalan Pujasera. Selain seputaran alun alun, penerapan satu arah berlaku selama 24 jam. Sementara Alun-alun Purwodadi diterapkan sejak pukul 06.00 – 18.00.

Seputaran Alun-alun Purwodadi diterapkan searah jarum jam. Yakni Jalan Bhayangkara (Depan DPRD Grobogan) searah ke timur, Jalan KS. Tumbun (Depan Bank BRI Cabang Purwodadi) searah ke selatan, Jalan Gatot Subroto (Depan Pendapa Kabupaten) searah ke barat, dan Jalan Sudirman (Depan Masjid Baitul Makmur) searah ke utara. Sementara Jalan RA Kartini dan Jalan Pujasera sama-sama searah ke utara.

’’Khusus alun-alun ini menindaklanjuti penerapan di jalan Gatot Subroto yang sudah diterapkan beberapa waktu lalu. Sementara jalan RA. Kartini dan Pujasera sebelumnya sudah kami kaji untuk diterapkan satu arah. Selama satu bulan (7/3-6/4) nanti, penerapan ini akan kami sosialisasikan dulu pada masyarakat,’’ katanya.

Usai sosialisasi, lanjutnya, pihaknya akan melakukan evaluasi. Evaluasi itu untuk melihat kelengkapan rambu-rambu yang nantinya membantu masyarakat. Di samping itu, evaluasi juga untuk mengetahui tanggapan dari masyarakat setempat.

Agung berharap, penerapan satu arah itu mampu mengatasi kepadatan lalulintas di sana. Di samping itu penerapan satu arah juga dapat memberikan ruang lebih bagi pengendara. Terutama di Alun-alun Purwodadi yang merupakan ruang publik.

’’Karena Alun-alun ini merupakan ruang publik, penerapan ini diharap memberikan kelonggaran bagi pengguna jalan. Jadi nanti saat Alun-alun Purwodadi ini direvitalisasi tidak mengganggu arus lalulintas. Selain itu juga, saat salat jumat akan memberikan ruang untuk parkir yang lebih luas,’’ tambahnya.

 

Hari ini 44

Kemarin 22

Minggu ini 44

Bulan ini 467

Keseluruhan 32120

Currently are 18 guests and no members online