Dinas Perhubungan Kabupaten Grobogan

Corona menjadi isu utama dunia saat ini. Keresahan dan kepanikan menyeruak di kalangan masyarakat. Ironisnya, masih banyak warga masyarakat yang belum memperhatikan protocol yang dianjurkan oleh pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus corona.

Seiiring dengan merebaknya kasus Covid-19 yang terus melonjak tajam dan di balik aksi tanggap darurat di belahan dunia lainnya kian mengambil opsi akhir penanganan (lockdown –red), Dinas Perhubungan Kabupaten Grobogan juga telah melakukan upaya pencegahan secara optimal dengan pengawasan ketat dalam pelayanan transportasi.

Kepala Dinas Perhubungan Kab. Grobogan, Agung Sutanto selaku koordinator perbatasan kegiatan Pencegahan Dan Penanganan Covid-19 Kabupaten grobogan membentuk tim Posko Pencegahan Dan Penanganan Covid-19 Perbatasan Wilayah Kab. Grobogan.

Perlaksanaan giat operasi Posko Pencegahan Dan Penanganan Covid-19 Perbatasan Wilayah Kab. Grobogan yang pelaksanaan kegiatannya berupa :

  • Inventarisasi Kendaraan/Penumpang Baik Kendaraan AKAP, AKDP, Angkudes, Maupun Angkutan Sewa Khusus;
  • Pemeriksaan Dokumen Perjalanan Kendaraan Dan Penumpang;
  • Penyemprotan Desinfektan Oleh Petugas;
  • Pengukuran Suhu Terhadap Seluruh Penumpang Angkutan;
  • Sosialisasi Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS).

 

Kegiatan tersebut dilakukan kepada penumpang angkutan umum yang melintas masuk wilayah Kab. Grobogan dari tanggal 25 Maret 2020 smpai 18 Juni 2020 dengan melibatkan unsur Dinas Perhubungan, Polres Grobogan, Kodim 0717 Purwodadi, Dinas Kesehatan Kab. Grobogan, Satpol PP Kab. Grobogan, dan BPBD Kab. Grobogan. Anggaran pelaksanaan kegiatan ini menggunakan APBD Kab Grobogan dengan nilai anggaran sebesar Rp. 1.411.260.000 dengan rincian pelaksanaan sebagai berikut :

Loading...

Pelaksanaan kegiatan dilakukan di 4 lokasi, yaitu  Perbatasan Wilayah Barat (UPPKB Gubug), Perbatasan Wilayah Selatan (Posko Rest Area Hutan di Kec. Geyer), Perbatasan Wilayah Utara (Posko Petigaan Ketapang Kec. Grobogan), dan Perbatasan Wilayah Timur (Ngaringan) dengan kegiatan posko dan shift petugas diatur sebagai berikut :

  • Perbatasan Wilayah Barat (Posko UPPKB Gubug)

Jumlah Shift : 3 (08.00-16.00, 16.00-24.00, 00.00-08.00)

Koordinator Lapangan : Kabid Teknik Sarana dan Prasarana Dishub Grobogan

  • Perbatasan Wilayah Selatan (Posko Rest Area Hutan di Kec. Geyer)

Jumlah Shift : 1 (08.00-17.00)

Koordinator Lapangan : Kabid Lalu Lintas Dishub Grobogan

  • Perbatasan Wilayah Utara (Posko Pertigaan Ketapang Kec. Grobogan)

Jumlah Shift : 1 (08.00-17.00)

Koordinator Lapangan : Kasi Manajemen Rekayasa

  • Posko Wilayah Timur (Posko Rest Area Kec. Ngaringan)

 

Jumlah Shift : 1 Shift (00.00-08.00)

Koordinator Lapangan : Kasi Perparkiran

Khusus posko timur, lokasi posko merupakan pergeseran dari posko terminal induk Purwodadi setelah dievaluasi. Dari hasil inventarisasi angkutan dan screening penumpang pada posko perbatasan mulai tanggal 25 Maret 2020 smpai 18 Juni 2020, dihasilkan data sebagai berikut :

  • Jumlah Kendaraan yang melintas di 4 posko sebanyak 8.205 kendaraan
  • Jumlah penumpang sebanyak 83.245 orang yang terdiri dari 32.669 pemudik dan 50.576 non pemudik.
  • Jumlah penumpang yang memiliki suhu <37° C sebanyak 82.486 orang, suhu 37°-38°C sebanyak 731 orang, dan suhu >38°C sebanyak 28 orang.

 

Berikut grafik jumlah penumpang yang telah dilakukan cek suhu selama pelaksanaan giat posko.

Selain pelaksanaan giat posko di perbatasan terkait pencegahan dan penangana covid-19 di Kabupaten grobogan, Dinas Perhubungan yang bekerjasama dengan Polres grobogan juga melakukan sosialisasi penerapan protocol kesehatan di terminal ataupun angkutan umum. Bentuk sosialisasi tersebut juga tersaji dalam video yang bisa dilihat oleh seluruh masyarakat sebagai upaya untuk menghimbau warga agar menerepkan protocol Kesehatan dalam masa new normal menghadapi pandemic covid-19 di kabupaten Grobogan.Berikut video sosialisasi penerapan protocol Kesehatan di era new normal.

 

 Kemudian menerapkan protokol kesehatan dalam pelayanan Pengujian Kendaraan bermotor